Kamis, 20 Mei 2010

Profil Sosok Luigi Del Neri

Profil Sosok Luigi Del Neri

Luigi Del Neri lahir di Aquileila, sebuah kota di Provinsi Udinese pada tanggal 23 Agustus 1950.

Memulai karir di Aquileia, tim yang menjadi tempat kelahirannya, dirinya memulai karir sebagai pemain sepakbola dan memulai karir yang akan membawanya ke Foggia dan Sampdoria. Kemudian dirinya pindah ke Puglia dan memulai debutnya di Seri-A pada tanggal 7 Oktober 1973, uniknya lawan Puglia saat itu adalah Juventus.

Karirnya sebagai pelatih dimulai pada tahun 1986 di klub amatir bernama Gorizia. 4 tahun kemudian dirinya masuk ke sepakbola profesional bersama Teramo yang bercokol di posisi ketiga Seri-C2. Kemudian berikutnya saat dirinya menukangi Ravenna pada musim 1991/92 dirinya promosi ke C1. Setelah dua musim bersama Novara, dia kembali melatih Nocerina dan promosikan ke Seri-C1. Setelah itu dia membawa Nocerina bercokol di posisi ketiga, playoff pun dilaksanakan.

Dari tahun 96/97 dan 98/99 Del Neri menukangi Ternana, yang melakukan dua kali promosi dari C2 ke Seri-B dan di tahun 2000 dia memulai karirnya sebagai pelatih Chievo.

Tahun pertamanya di Seri-B dia meraih posisi ke tiga dan loncat ke Seri-A yang sempat disebut dengan "Keajaiban Chievo", tim asal distrik Verona ini menapaki tahun pertamanya di Seri-A dan berakhir dengan posisi ke lima di klasmen.

Del Neri kemudian menetap di Veneto dalam 2 musim berikutnya. Tahun 2004 dirinya melatih Porto, namun hubungan buruk dengan manajemen langsung mengakhiri karirnya bersama klub asal Portugal tersebut. Bulan September Roma langsung menariknya dan memimpin mereka sebanyak 24 laga. Setelah itu dirinya pindah ke Palermo dan loncat kembali ke Chievo. Sebelum menukangi Atalanta di tahun 2007. Di Bergamo, Del Neri selamat tiga kali, saat menukangi Nerazurri di posisi kesembilan dan posisi kesebelas. Musim 2009/2010 dirinya melatih Sampdoria dan setelah "Keajaiban Chievo" pelatih dari Aquileia membuat kembali "Keajaiban Sampdoria": dia membukukan 67 poin, dengan statistik 19 kemenangan, 10 kali imbang dan aman di posisi keempat yang dapat memberikan akses ke kualifikasi Liga Champions. Setelah itu Del Neri bersedia ikut saat Juventus memanggilnya sebagai Pelatih utama.







www.juventus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar