Selasa, 15 Desember 2009

Siapa tuhan itu??

Pada wawancara wartawan terhadap Christian Rene sesaat setelah pertandingan Sriwijaya FC melawan Persib Bandung sabtu kemarin, ia mengatakan bahwa gol Persib sebagai gol tuhan (Lihat artikel: Rene: Itu Adalah Gol Tuhan). Kamipun tertarik untuk membedah kejadian pada menit ke-90 itu. Untungnya, kami punya seorang pakar telematika, Ray Surya! Berikut isi email balasannya yang kami terima siang ini.

—–

Dear Simamaung.com

Saya telah berhasil menemukan beberapa fakta menarik seputar gol Persib melawan sriwijaya fc hari sabtu kemarin. Saya lalu menggunakan sumber dari rekaman siaran langsung ANTV sebagai satu-satunya bahan penelitian ilmiah saya kali ini. Berikut saya lampirkan cuplikan videonya.

Pada beberapa bagian video, saya sengaja mengedit alur kecepatan videonya menggunakan sistem slow motion. Sistem ini digunakan untuk melihat lebih rinci detil-detil ketika bola berbelok arah karena mengenai sesuatu hal.

Berikut keterangan-keterangan yang didapat ketika video dalam keadaan slow motion:

  • Pada slow motion pertama (ditambah bulatan merah hasil karya saya), saya menemukan fakta bahwa telah terjadi komunikasi secara langsung antara Charis Yulianto dan Keith Jerome Kayamba Gumbs 3 detik setelah terjadinya gol. Berdasarkan skill pembaca gerakan bibir yang saya kuasai, saya memprediksi Charis menanyakan pada Gumbs, mengapa bola itu berbelok arah. Lalu Gumbs menjawab bahwa ia tak bermaksud menyundul bola, ia hanya melakukan dorongan kepada Rene. Namun ternyata bola mengenai kepalanya, lalu ia menepuk-nepuk kepalanya dengan tangannya sendiri.
  • Pada slow motion kedua, saya kembali menemukan fakta bahwa tidak ada sentuhan apapun terhadap bola ketika melewati badan Rene. tidak ada salah satupun tubuh Rene yang membuat bola berbelok arah.
  • Pada slow motion ketiga, terlihat sangat jelas, bola berbelok arah setelah kepala bagian atas agak kebelakang milik Keith Kayamba Gumbs membuat bola yang sudah menukik ke bawah kembali melambung sedikit ke atas sehingga Charis yang sudah mengantisipasi dibelakangnya gagal menghalau bola yang mengarah kegawang.

Dengan fakta-fakta yang ditemukan oleh saya ini, saya meyakini 100% bahwa ini murni gol bunuh diri yang dilakukan oleh Keith Kayamba Gumbs. Keputusan yang dibuat oleh Pengawas Pertandingan yang memutuskan bahwa ini gol Christian Rene adalah salah besar.



www.simamaung.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar