Selasa, 16 Februari 2010

Hari Valentine? Bukan, Ini Harinya Alex

Hari Valentine? Bukan, Ini Harinya Alex


Pada laga ketiganya, Zaccheroni menginginkan kemenangan. Bukan hanya untuk statistik (ini merupakan tugas pertamanya di Turin) tapi juga sangat penting. Juventus mengalahkan Genoa 3-2 diakhir pertandingan. Pada hari Valentine, Alessandro Del Piero membuat Nyonya Tua jatuh cinta.

Tepat di pertandingan yg ke-445 nya di liga Italia - sebuah rekor di sejarah Juventus - sang kapten mencetak dua gol, yang pertama adalah umpan satu dua dengan Diego dan sebuah pinalti. Sebelumnya Amauri mencetak gol dengan kepalanya. Marco Rossi yang menjadi bintang Genoa mencetak 2 gol.

Ini merupakan kemenangan yang mendasar, kehilangan jalur juara sejak awal musim tapi yang terpenting masih dapat melaju di Liga Champions. Dan pada hari Kamis akan dijamu oleh Ajax dalam kompetisi Liga Eropa.

Untuk meraih kemenangan pertamanya sebagai pelatih Juventus, Zaccheroni sekali lagi memakai 3-4-1-2. Didepan Buffon berdiri Zebina, Legrottaglie dan Chiellini, Caceres, Sissoko, Candreva dan De Ceglie ditengah, Diego berada dibelakang Del Piero dan Amauri.

Genoa kehilangan banyak pemain bahkan Gasperini mesti kehilangan Milanetto yang cedera saat pemanasan dan menggantinya dengan Suazo. Hasilnya, mereka bahkan bermain lebih baik. Marco Rossi yang paling berbahaya dan di 15 menit pertama babak pertama melakukan dua kali serangan ke arah Buffon. Yang pertama dapat digagalkan tapi selanjutnya tidak memberi ampun dan mencetak gol.

Bianconeri sulit untuk bangkit dan masih dalam keadaan tertekan. Senjata yang mematikan adalah tendangan bebas. Diego dan Del Piero mengirimkan banyak umpan silang tapi tidak ada yang menyelesaikannya. Amelia mesti melakukan penyelamatan dari tendangan jarak jauh oleh Diego dan Sissoko.

Ketika babak pertama tampaknya akan berakhir untuk keunggulan Genoa tiba-tiba Juventus mencetak gol. Setengah penghargaan untuk Caceres dan sisanya Amauri: pemain Uruguay dari sayap kanan memberikan umpan silang dan selanjutnya pemain Brasil dengan sundulannya yang kuat memasukkan bola: 1-1 dan babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua. Fatic menggantikan Acquafresca. Juve mulai membaik dengan tendangan jarak jauh Caceres dan Genoa langsung membalasnya. Di menit ke-15, Juve beruntung. hampir semuanya dilakukan oleh Del Piero: dia mencuri bola dari Criscito, masuk ke kotak pinalti, bertukar umpan dengan Diego dan mengalahkan Amelia.

Tapi kesenangan ini hanya sebentar. Tidak lama kemudian Genoa menyamakan kembali: Mesto mengumpan dari sisi kanan, Buffon tidak dapat menangkap bola dan Marco Rossi mencetak angka: 2-2. Zaccheroni mencoba memainkan Marchisio dengan mengganti Candreva. Gasperini menjawab dengan mengganti Suazo dengan El Shaarawy.

Juve mulai bersemangat kembali dan serangan Amauri mengenai tiang. Marchisio mengumpan ke arah Del Piero yang tidak terjaga dan terjatuh karena terbentur oleh Papastathopoulos. Benturan terjadi di garis kotak pinalti dan Mazzoleni memberikan hadiah pinalti dan Del Piero yang mengambilnya, hampir saja Amelia menyelamatkan gawang.

Sekarang Genoa berusaha menyerang dengan umpan-umpan silangnya yang membahayakan Juventus. Legrottaglie berusaha ikut menyerang dan tidak lama Del Piero juga menyerang hasil dari umpan Salihamidzic: hasil ini tidak membuat perubahan dan Genoa masih diperingkat bawah. Gasperini melakukan pergantian yang terakhir dengan memasukan Aleksic untuk Criscito. Zaccheroni mengganti Amauri dengan Giovinco.

Serie A 2009/10 – Pekan ke 24
Stadion Olimpico Turin
Minggu 14 Februari 2010

JUVENTUS-GENOA 3-2 (1-1)

Gol: Amauri 41', Del Piero 61', Del Piero Pen 78'; Rossi 15', 61'

JUVENTUS: Buffon; Zebina, Legrottaglie, Chiellini; Caceres, Sissoko, Candreva (Marchisio 66'), De Ceglie; Diego; Del Piero (Salihamidzic 80'), Amauri (Giovinco 90'). Available: Manninger, Grygera, Grosso, Paolucci. Pelatih: Zaccheroni.

GENOA: Amelia; Papastathopoulos, Dainelli, Bocchetti; Mesto, Rossi, Zapater, Criscito (Aleksic 88'); Suazo (El Shaarawy 68'), Acquafresca (Fatic 46'), Sculli. Available: Scarpi, Polenta, Gucher, Bertoncini. Pelatih: Gasperini.

Wasit: Mazzoleni dari Bergamo.

Kartu Kuning: 22’ Bocchetti, 29’ Rossi, 35’ Candreva, 35’ Acquafresca, 42’ Amauri, 6’ Zebina, 37’ Papastathopoulos, 44’ Salihamizic.

PENONTON: 22.252 total pendapatan € 493.116, 29





www.juventus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar