Minggu, 14 Februari 2010

PERSEBAYA(2) vs PERSIB(1)


Persebaya akhirnya berhasil merebut kemenangan perdana pada putaran kedua Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010. Menjamu Persib, Minggu, 14 Februari 2010, Bajul Ijo unggul tipis 2-1 atas tamunya Maung Bandung.

Tampil di Stadion 10 November, Surabaya dan didukung langsung oleh 30 ribu bonek-suporter Persebaya- pemain-pemain tuan rumah penuh percaya diri. Pada menit ke-2, striker tuan rumah, Andi Odang bahkan sudah mengancam gawang Maung Bandung.

Sayang, tendangan Andi masih belum terarah. Bola masih melambung di atas mistar Persib yang dijaga Sinthaweechai Kosin Hathairattanekool.

Persebaya terus menekan pertahanan Persib. Namun penyelesaian akhir yang tidak sempurna dari lini depan membuat tuan rumah kesulitan untuk kembali mendapat peluang emas.

Hujan yang mengguyur Stadion Gelora 10 November membuat permainan kedua tim tidak berkembang. Pasalnya, lapangan yang licin sangat menyulitkan para pemain dalam mengontrol bola.

Andi Odang mencoba mengancam gawang Perib pada menit ke-23. Namun aksinya mampu diantisipasi pemain belakang Persib, Christian Rene Martinez. Rene sukses merebut bola dari kaki Andi yang sudah berada di kotak penalti Maung Bandung.

Tekanan Persebaya akhirnya membuahkan hasil. Taufik berhasil menjebol gawang tamunya pada menit ke-34. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Persib usai sepak pojok, Taufiq yang tanpa pengawalan dengan mudah menaklukkan Sinthaweechai.

Persib mencoba mengejar ketertinggalannya. Namun sistem pertahanan sapu bersih yang diterapkan oleh Djayusman Triasdi cs membuat barisan penyerang Maung Bandung tak mampu berbuat banyak. Hingga turun minum skor 1-0 tak juga berubah.

Di babak kedua, Persib mulai berani bermain terbuka. Namun kokohnya barisan pertahanan Persebaya membuat penyerang-penyerang Persib masih kesulitan untuk melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti lawan.

Pemain Persib mencoba melepaskan tendangan-tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun upaya ini juga belum berbuah gol karena tak satupun yang mampu menemui sasaran.

Pada menit ke-67, Persib justru kembali dikejutkan oleh gol bunuh diri Maman Abdurahman. Maman yang mencoba menghalau bola crossing Mat Halil justru mengarahkan bola ke arah gawang dan gagal dibendung oleh Sinthaweechai.

Namun skor 2-0 ini tak bertahan lama. Sebab, semenit kemudian, giliran pemain belakang Persebaya, Anderson da Silva yang melakukan blunder. Anderson tanpa sengaja menyentuh bola di kotak terlarang saat hendak menghalau bola crossing Hilton.

Wasit Armando langsung menunjuk titip putih. Hilton maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Persebaya.Skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

Tambahan tiga angka membuat Persebaya naik tiga tingkat ke peringkat 13 klasemen sementara dengan koleksi 25 poin dari 19 laga. Sedangkan Persib tetap berada di peringkat 5 dengan 30 poin dari 19 laga.




www.vivanews.com

www.simamaung.com (picture)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar