Senin, 25 Januari 2010

Del Piero dan Totti : Fair-play antara dua simbol klub


Mereka berdua adalah simbol dari masing-masing klub, dua kepribadian yang oleh seluruh dunia selalu dihubungkan dengan seragam klub yang mereka gunakan : Bianconero bagi Alex dan Giallorossa bagi Fransesco. Del Piero dan Totti, dimana mereka berdua sudah puluhan kali saling melawan di lapangan, menghasilkan total 500 gol, memberikan komentar mengenai pertandingan ini melalui situs pribadi masing-masing, dan sekali lagi menunjukkan bagaimana semangat olahraga itu harus diwujudkan. Alex yang bukan hanya simbol klub namun juga panutan di Juventus menulis dalam website pribadinya (http://www.alessandrodelpiero.com) :

«Saya mempunyi perilaku yang selalu saya lakukan sejak bertahun-tahun lalu, setelah saya mengenakan ban kapten di lengan saya, dan selalu saya lakukan sebelum pertandingan dimulai. Ini adalah bagian dari "protokol", tata cara yang harus dilakukan sebelum sebuah pertandingan dimulai. Yaitu bersjabat tangan dengan wasit, saling bertukar bendera, lalu berjabat tangan dengan kapten tim lawan. Ini merupakan sikap dan perilaku yang menjadi otomatis selalu saya ulangi, bahkan menjadi semacam takhayul yang sudah tercipta dalam pemikiran saya tentang apa yang bisa terjadi di lapangan nanti. Bagaimanapun juga, jika saya harus berhenti berkhayal dan memikirkan nilai dari momen tersebut, aya menyadari bahwa ini bukan merupakan suatu pemikiran yang biasa saja, terutama dalam pertandingan semacam ini, dimana di sisi lain, ada pemain lain yang mengenakan ban kapten seperi Fransesco Totti. Jika kami harus menjumlahkan gol yang saya cetak dan gol yang ia cetak, maka jumlah gol kami berdua bisa melewati total 500 gol. Dan jika kami berdua harus menjumlahkan waktu yang kami jalani dalam mengenakan seragam kami masing-masing, yang selalu sama, kami akan mencapai jumlah 35 tahun. Itu sama dengan umur saya sekarang. Hal yang sama juga bisa dihitung dengan jumlah pertandingan saya melawan Paolo Maldini. Saya tidak berpikir bahwa konsep simbolisasi terhadap seorang pemain itu ada, simbol bagi klub, bagi tim, bagi suporter, harus kita tampilkan setiap hari setiap saat baik di dalam maupun di luar lapangan. Saya adalah rekan satu tim Fransesco di tim nasional, rekan satu tim, bukan rival. Kami memang dua orang yang berbeda tetapi kami juga memiliki beberapa persamaan. Kami bersama-sama memenangkan Piala Dunia dan memori tentang hal itu akan selamanya mengikat kami berdua. Sebagian besar bagaimanapun juga, dengan klub kami masing-masing, kami adalah dan akan selalu menjadi musuh. Saya pikir seorang juara menjadi seperti itu terlihat dari sehebat apa lawan yang ia hadapi. Dan oleh sebab itu, besok malam saya akan sangat berbahagia, untuk berjabat tangan dengan Fransesco».

Fransesco Totti kemudian menjawab komentar Alex seperti yang tertulis di website pribadinya dan di situs gazzetta.it : «Itu benar sekali. Kita berdua adalah simbol sepakbola italia yang tersisa! Bermain melawan sorang juara sepertimu selalu menjadi tantangan yang hebat. Kita berdua telah berbagi banyak momen yang penting dan berharga di dalam maupun luar lapangan, tetapi yang membuat saya merasa lebih dekat denganmu adalah, kita berdua sama-sama memiliki keinginan yang besar untuk kembali bermain dan menang. Dan besok, kita berdua siap untuk memasuki lapangan sebagai lawan».





www.juventus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar