Kamis, 07 Januari 2010

Parma 1-2 Juventus


Laga ini menjadi laga permulaan tahun 2010 bagi Bianconeri. Ferrara menurunkan formasi 4-4-2, Diego dan Trezeguet menjadi duo ujung tombak.

Laga dimulai dengan baik oleh Juve. Di menit 3 tendangan pojok bagi Juve setelah Castellini memblok tendangan Diego. Sepak pojok yang diumpankan Diego berhasil disundul Salihamidzic sehingga skor 0-1 bagi tim tamu.

3 menit kemudian Caceres mengumpankan bola ke Trezeguet yang berusaha memberikan bola kembali ke Diego, sayang bek lawan dapat mengantisipasi bola tersebut.

Tim asuhan Ferrara melanjutkan aliran serangannya di menit 12, Trezeguet menyundul bola namun dapat ditangkap dengan mudah oleh kiper lawan. Parma berusaha bangkit dan di menit 16 usaha pemain Parma dapat dicegah oleh Manninger yang menangkis bola hingga keluar lapangan. Dari sepak pojok Parma mengumpan bola ke depan gawang Juve namun bek Juve dengan sigap menghalaunya.

Di menit 19, bola yang memasuki area Juve dapat diselamatkan Manninger. Dua menit berselang Parma meraih tendangan pojok: bola diumpankan oleh bek Juve dan bola liar disambar pemain Parma, sayang masih melebar.

Di menit 22 Amauri masuk menggantikan Trezeguet yang cedera. 3 menit berselang, bola yang masuk ke area Juve disambar Amoruso hingga menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di menit 32, sepak pojok bagi Parma setelah Manninger menghalau bola yang deras mengarah ke gawangnya. Dari sepak pojok bola dapat dihalau oleh bek Juve. 3 menit berselang, kerja sama yang baik dilakukan oleh Diego dan Amauri, sayang Amauri gagal menghasilkan gol.

Juventus kembali beraksi di menit 38. Tendangan pojok Juve diraih setelah Mirante menghalau bola hasil tembakan pemain Juve: bola kembali diumpankan Diego dan salah satu pemain Parma secara tidak sengaja membuat gol bunuh diri. Skor 1-2 bagi tim tamu. Menit 41 tendangan bebas Parma terhalau barisan pagar betis Juventus.

Babak pertama berakhir setelah tambahan waktu 2 menit. Juventus untuk sementara diatas angin.

Di babak kedua Juventus memulai laga seperti babak pertama, memperlihatkan determinasi tinggi untuk membawa pulang 3 poin. Menit 5 tendangan bebas bagi Juve: bola diumpankan oleh Marchisio dan Grosso menerima bola tersebut sayangnya tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Menit 6 Legrotaglie menghalau bola setelah Parma membahayakan gawang Juve. Semenit berselang Juve hampir saja kebobolan setelah Zenoni mengumpankan bola ke area Juve, namun striker mereka tidak ada yang berada di posisi yang tepat.

Menit 8 sepak pojok bagi Parma: Poulsen menyundul bola untuk pertama kalinya setelah meraih bola liar yang dihasilkan dari tendangan pojok. 10 menit kemudian, tendangan bebas Juve dieksekusi Diego, namun masih tipis diatas mistar gawang.

Menit 24 Salihamidzic bergerak cepat ke barisan pertahanan Parma dan langsung menembak ke arah gawang sayangnya masih terhalau lawan. Semenit berselang, Manninger menghalau bola tembakan Bojinov. Menit 26 sepak pojok bagi Juve: bola yang diumpankan Diego tidak dapat diteruskan kembali karena wasit menilai terdapat pelanggaran sebelumnya.

Menit 27 Caceres terkena kartu merah setelah menerima kertu kuning kedua. 3 menit berselang, Grygera masuk menggantikan Diego. Tendangan bebas dieksekusi oleh Parma: bola dihalau dan kemudian langsung dibuang oleh Chiellini. Menit 34 De Ceglie masuk menggantikan Salihamidzic.

Menit 38 sepak pojok bagi Parma: bola dihalau bek Juve dan dua menit berselang tendnagan Amoruso menyamping dari sisi gawang Manninger.

Usaha Juve bertahan setelah tertekan dengan hanya 10 pemain di lapangan. Wasit memutuskan memberikan tambahan waktu 6 menit. Menit 46, tendangan bebas bagi Parma di raih setelah Melo tertangkap hands ball: Bojinov mengeksekusi tendangan bebas tersebut dan akhirnya bola terhalau pagar betis yang dibentuk Juve.

Dua menit berselang, Amauri dilanggar setelah berpeluang emas mencetak gol. Tendangan bebas bagi Juve: Grosso mengeksekusi namun masih jauh diatas mistar gawang. Menit 51 terdapat tendangan bebas bagi Parma. Mirante, kiper Parma pun ikut turun ke depan gawang Juve. Bola berhasil dihalau dan Grosso berusaha menembak ke arah gawang Parma yang tak terkawal. Sayang bola sepakannya gagal menembus gawang Parma.

Juventus membawa pulang 3 poin penting, sehingga ini menjadi momentum terbaik untuk kembali ke jalur kemenangan. Milan akan menjadi lawan berikutnya.


Serie A 2009/10 Pekan 18
Stadion Tardini, Parma
Rabu 6 Januari, 2010

PARMA - JUVENTUS: 1-2

Gol: Salihamidzic (3), Amoruso (24), Castellini (39 b.d)

PARMA: Mirante, Zaccardo, Dellafiore, Panucci, Castellini (Bojinov 65), Dzemaili, Morrone, Galoppa (Paloschi 81), Zenoni, Amoruso, Biabiany. Cadangan: Pavarini, Antonelli, Lunardini, Lanzafame, Budel, Paloschi, Bojinov. Pelatih: Guidolin.

JUVENTUS: Manninger, Caceres, Chiellini, Legrottaglie, Grosso, Salihamidzic (De Ceglie 79), Marchisio, Poulsen, Felipe Melo, Diego (Grygera 75), Trezeguet (Amauri 22). Cadangan: Chimenti, Giovinco, Grygera, De Ceglie, Tiago, Del Piero, Amauri. Pelatih: Ferrara.

Wasit: Nicola Rizzoli

Kartu Kuning: Caceres (31), Marchisio (47), Melo (62), Grosso (68), Caceres (73), Della Fiore (93),

Kartu Merah: Caceres (73)









WWW.JUVENTUS.CO.ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar