Senin, 25 Januari 2010

Ketika Keberuntungan mengalahkan Determinasi


Ferrara telah mendapatkan Sissoko kembali dan sang pelatih menyusun formasi dengan memasang pemain timnas Mali tersebut didepan pertahanan yang diperkuat Grygera, Legrottaglie, Chiellini dan Grosso. Di lapangan tengah, pada masing-masing sisi diisi oleh Salihamidzic dan Marchisio dengan Diego dibelakang duet penyerang Del Piero dan Amauri.

Juve menunujukkan determinasi dan keagresifan sejak mulai kick-off. Di menit pertama, Del Piero melakukan tendangan dari sisi luar area, tapi bola masih melebar. Satu menit berselang, pertahanan Juve membebaskan area dari penguasaan Roma.
Di menit kedua, umpan yang baik dari Grygera berhasil disundul Amauri tapi tidak membahayakan pertahanan Roma. Enam menit kemudian, Sissoko memberi bola kepada Amauri tapi berhasil digagalkan kiper dan satu menit kemudian tendangan percobaan dari Salihamidzic masih melambung.

Di menit ke-11, terdapat bola yang cukup berbahaya di area Juve dan Sissoko melepaskan sebuah pengamanan pertama, kemudian tendangan Vucinic yang mendapatkan umpan dari pemain lainnya membentur bagian luar jala gawang. Dua menit kemudian, pertahanan Roma mengamankan peluang bagus Juve di area mereka.

Di menit ke-14, Marchisio melepas umpan yang sangat berbahaya ke area Roma, Del Piero gagal menyundul dan bola melebar. Satu menit berselang, Buffon menangkap bola ketika Vucinic memasuki area Juve.

Menit ke-17 tendangan Totti melambung melewati mistar dan tiga menit kemudian umpan silang sempurna Grygera disundul Amauri hanya bias melebar karena gangguan para bek Roma. Pada menit ke-21, tendangan bebas untuk Juve : Diego mengumpan bola ke area gawang Roma dari jaraki 37 meter, tetapi berhasil digagalkan dan menjadi tendangan pojok untuk Juve.

Tendangan pojok untuk Juve di menit ke-22 : Diego melepas umpan tapi berhasil dihalau Vucinic. Empat menit berselang, Juan berhasil membuang bola ke pojok ketika Amauri akan menggapai bola. Dari pojok, Diego kembali melepas umpan berbahaya tapi berhasil digagalkan pertahanan Roma.

Di menit ke-27,Marchisio memasuki pertahanan Roma namun akhirnya gagal karena ia terpeleset. Dua menit kemudian, Buffon menangkap dengan mudah tendangan Vucinic. Di menit ke 29 umpan silang Chiellini terlalu keras untuk digapai Amauri.

Setengah jam pertandingan ditandai dengan umpan silang yang baik dari Grosso tapi sundulan Amauri masih melebar. Dua menit kemudian, Juve mendapatkan tendangan pojok setelah terjadi serangan balik yang baik : Diego melepas umpan dan sundulan Legrottaglie hanya melebar beberapa inci dari gawang Sergio. Di menit ke 36, Juve kembali mendapatkan tendangan bebas setelah pelanggaran terhadap Diego : Sang Pemain Brazil melepaskan umpan terukur tapi sundulan Del Piero masih melebar.

Keuntungan Juve dimenit 40 : Diego melepas umpan tapi Cassetti sekali lagi membuang bola untuk tendangan pojok. Umpan dari tendangan pojok kembali dihalau oleh pertahanan Roma. Tiga menit berselang, Del Piero dinyatakan off-side meskipun tendangannya berhasil masuk.

Pada menit pertama dari dua menit waktu tambahan, Juve mendapat tendangan bebas setelah pelanggaran terhadap Marchisio : tendangan Diego masih membentur pagar betis. Kesempatan terakhir dibabak pertama untuk Roma adalah tendangan Vucinic yang masih melambung diatas mistar.

Babak kedua dimulai dengan serangan langsung oleh Roma, tetapi Juve dapat mengendalikan permainan dengan cukup baik. Pada menit pertama, sebuah tendangan bebas yang dilakukan Roma hanya berbelok dan menghasilkan tendangan sudut : dari tendangan sudut tersebut, bola masuk kedalam daerah pertahanan Juve tetapi mampu dihalau oleh para pemain bertahan Juventus.

Pada menit ke enam, Del Piero meluncurkan tendangan yang sangat baik dari posisi samping area pertahanan Roma yang langsung masuk kedalam gawang dan membuka gol pertama : 1 – 0. Tiga menit kemudian, Del Piero sempat tergelincir ketika ia akan memasuki area pertahanan Roma melalui serangan balik yang baik. Empat menit kemudian, Brazzo memberikan umpan silang yang sangat baik tetapi Amauri sedang berada di posisi yang kurang menguntungkan.

Kemudian pada menit ke 15, Roma memperoleh tendangan pojok : Amauri berhasil menghalau bola dan menggagalkan serangan Roma. Satu menit kemudian, Juventus memperoleh tendangan bebas : Del Piero melakukan tendangan bebas yang mengarah tepat ke gawang Julio Sergio tetapi ia berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola tersebut.

Di menit ke 19, Roma kembali mendapatkan tendangan pojok : dan Buffon mampu menangkap bola tersebut. Satu menit kemudian, Juventus kembali masuk ke dalam pertahanan Roma tetapi aksi tersebut terhenti karena terjadi pelanggaran.

Pertandingan kemudian berbalik arah dan keberuntungan menjadi pemain tambahan untuk Roma saat pada menit ke 21 wasit memberikan penalty menyusul pelanggaran yang dilakukan Grosso terhadap Taddei di area penalty tersebut : Totti kemudian mecetak gol penyeimbang kedudukan (1 – 1)

Di menit ke 25, Del Piero dilanggar saat ia sedang melakukan serangan di daerah pertahanan Roma namun wasit member sinyal untuk melanjutkan pertandingan. Beberapa detik kemudian Roma kembali mendapatkan tendangan pojok : bola kembali dapat ditangkap oleh Buffon.

Pada 30 menit babak kedua, Marchisio melakukan tendangan langsung namun masih melebar dan Candreva masuk menggantikan Grygera untuk menjalani debutnya bersama Juventus. Dua menit kemudian Sissoko menggiring bola ke dalam area pertahanan Roma dengan indahnya namun sundulan Amauri masih mampu diselamatkan oleh kiper Roma.

Di menit ke 37, terjadi pelanggaran terhadap Diego di area serang Juventus tetapi wasit saat itu memutuskan untuk memberikan tendangan pojok bagi Juve. Dari tendangan sudut tersebut, bola masih mampu dihalau oleh para pemain bertahan Roma. Satu menit kemudian, Buffon menerima kartu merah an harus keluar lapangan setelah terpaksa melakukan pelanggaran kepada Riise yang sedang melakukan serangan sendirian ke area pertahanan Juventus. Manninger kemudian masuk menggantikan Del Piero.

Pada menit ke 39, Roma kembali memperoleh tendangan bebas : Totti hanya mampu mengarahkan bola ke dinding stadion. Lima menit kemudian, tendangan yang dilakukan Taddei hanya bias melebar. Wasit kemudian meberikan waktu tambahan empat menit dan pada menit ke tiga waktu tambahan, Riise memperoleh bola yang disarangkan ke gawang Juve untuk mengakhiri pertandingan dengan skor 1 – 2.

Pertandingan berakhir dengan kekalahan kandang 1 – 2 bagi Juve dalam sebuah pertandingan yang memperlihatkan dominasi dari tim bianconeri sepanjang pertandingan dan mempertunjukkan permainan sepakbola yang hebat dan penuh determinasi. Jika dalam beberapa pertandingan terakhir orang lain dapat berargumen bahwa Juve tidak berusaha untuk menyerang tetapi tidak dalam pertandingan melawan Giallorossi kali ini dimana terlihat bahwa keberuntungan mampu mengalahkan determinasi dan memberikan hasil yang jauh dari dugaan.

Serie A 2009/10 – pekan ke 21
Turin, Stadion Olimpico
Sabtu, 23 Januari 2010

JUVENTUS-ROMA : 1-2

Gol: Del Piero (51"), Totti (68" pin.), Riise (93")

JUVENTUS: Buffon; Grygera (Candreva 31"), Legrottaglie, Chiellini, Grosso; Sissoko, Marchisio, Salihamidzic; Diego; Amauri (Paolucci 90"), Del Piero (Manninger 83"). Reserves: Manninger, Zebina, Cannavaro, Candreva, De Ceglie, Yago, Paolucci. Coach: Ferrara.

ROMA: Julio Sergio; Cassetti, Burdisso, Juan, Riise; Taddei, De Rossi, Pizarro; Perrotta; Vucinic, Toni (Totti 7"). Reserves: Doni, Mexes, Motta, Brighi, Cerci, Menez, Totti. Coach: Ranieri.

WASIT: Tagliavento from Terni.

Kartu Kuning : De Rossi (60"), Burdisso (61"), Grosso (67"), Taddei (71"), Salihamidzic (86")

Kartu Merah : Buffon (83").









www.juventus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar